WORTEL dan manfaatnya

WORTEL dan manfaatnya.
Terbayang rasa manis dan renyahnya,dan masuk dalam jenis sayuran yang kaya akan manfaat. Makanan yang menjadi favorit kelinci ini sudah mulai dikenal semenjak 5000 thn yang lalu. Tahukah kau bahwa warna WORTEL yang sekarnag kita tahu berwarna orange ialah hasil pengembangan dari para petani dari Belanda,karena dulunya warna wortel ada yg merah,kuning dan hijau.
Selain baik untuk kesehatan mata alasannya ialah mengandung vitamin A, wortel juga mengandung Beta Karoten vitamin C,vitamin K, serat mineral dan juga antioksidan yan ada pada wortel sangat bermanfaat bagi kesehatan organ badan lainnya.
Untuk perawatan mata
Wortel dikenal sangat baik untuk perawatan mata,kandungan beta karoten yang diubah menjadi Vitamin A didalam hati. Betakaroten dapat melindungi mata dari problem menyerupai glaukoma,degenerasi makula dan juga katarak.
Merawat gigi dan mulut
Wortel dapat berfungsi mengikis plak dan partikel makanan menyerupai menyikat gigi. Wortel juga mampu merangsang gusi dan memfasilitasi pembentukan air liur dalam jumlah banyak dan berfungsi sebagai alkali alami, sebagai penyeimbang basil rongga pembentuk asam dan dapat membunuh kuman berbahaya dengan kandungan mineral yang dimilikinya juga mencegah kerusakan gigi.
Menjaga jantung
Didalam Wortel terdapat antioksidan dan polyacetylenes yang keduanya dapat menawarkan perisai tunjangan buat jantung kita. Peneliti telah menunjukkan bahwa makanan tinggi karotenoid dapat menurunkan resiko penyakit jantung, Selain itu kandungan alpha karotin dan lutein-nya berfungsi melindungi jantung anda dari kerusakan oksidatif,pembentukan plak dan kolesterol jahat dalam tubuh.
Manfaat untuk kulit
Dapat dijadikan masker untuk mencerahkan kulit alasannya ialah kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, dan dari beberapa penelitian dapat juga menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat. Sementara kandungan kolagennya membantu memelihara elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini menyerupai keriput,pigmentasi,dan warna kulit tidak merata.
Membersihkan tubuh
Vitamin A yang berlimpah dalam Wortel dapat membantu hati dalam membuang racun dalam tubuh, dan berfungsi mengurangi akumulasi empedu dan lemak di hati, kandungan serat larut dalam wortel juga membantu membersihkan usus besar.
Manfaat untuk rambut
Sejak jaman dahulu, wortel dikenal masyarakatakan khasiatnya untuk pertumbuhan rambut dan menambah ketebalan rambut. Selain itu wortel juga dapat mencegah rambut rontok alasannya ialah kandungan vitamin yag penting untuk rambut. Anda dapat mengkonsumsi 2-3 ons perhari untuk merangsang pertumbuhan rambut anda, alasannya ialah vitamin C dan vitamin E nya  membantu meningkatkan sirkulasi darah dikulit kepala.
Demikian berita manfaat wortel yang dapat berkhasiat untuk kesehatan kita, biar menjadi perhiasan ilmu pengetahuan buat kita semua...
Artikel lain terkait manfaat buah dan sayuran disini..



Sumber http://cantikalami-cute.blogspot.com