Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Hai , Selamat Datang | Anak Susah Makan? Ketika anak berusia 6 bulan maka sudah menjadi kewajiban orang bau tanah untuk mulai mengenalkan makanan pada anak. Mulai dari bubur dan aneka variasi nasi tim mampu di siapkan buat si buah hati. Biasanya di awal-awal anak masih lahap dalam mengkonsumsi makanannya. Namun ketika usianya bertambah mereka mulai kehilangan nafsu makan. Lantas bagaimanakah cara mengatasi anak susah makan?. Tentunya ada banyak cara yang mampu di tempuh.

Ketia anak berusia dibawah 5 tahun mereka biasanya disibukan dengan rasa ingin tau perihal lingkungan sekitarnya. Sehingga mereka banyak beraktifitas dan lebih tertarik pada hal-hal gres daripada makan. Maka dari itu untuk mensiasati anak yang susah makan harus dilakukan dengan cerdik.

Ilustrasi anak tidak mau makan - Image credits: Creative Commons Flickr.com



Cara Mengatasi Anak Susah Makan


1. Cari Tau Penyebabnya

Sebagai orang tuan bunda harus jeli dan cermat mengamati kecenderungan buah hati. Ketika anak mulai susah makan maka bunda mampu mengetahui kira-kira apa yang mengakibatkan si kecil susah makan. Apa penyebabnya? apakah si kecil sedang sakit? apakah ada kesalahan pada teladan makan sikecil? ataukah duduk perkara psikis buah hati bunda. Dengan mengetahui penyebabnya maka penanganan mampu maksimal.

2. Sajikan Makanan Variasi Baru

Ketika si kecil tidak memiliki selara makan maka bunda mampu mencoba dengan variasi baru. Kecenderungan anak biasanya akan menyukai sesuatu yang gres dan belum pernah dirasakannya. Sajikan menu gres tersebut secara bertahap sedikit-demi sedikit , jangan eksklusif sekaligus.

3. Buat Sajian Makanan Si kecil Menarik 

Rasa jenuh juga mampu membuat anak malas makan. Bunda mampu mengakali dengan menyajikan makanan buah hati biar lebih menarik. Misalkan saja mencetak makanan ibarat nasi goreng dengan cetakan berbentuk huruf kartun yang disuka ibarat Anggry Birds , Hello Kitty , dan lain-lain.
4.  Jadikan Saat Makan yakni Saat Yang Menyenangkan dan Nyaman

Cara mengatasi anak susah makan biar anak senang dan menanti-nantikan ketika makan yakni dengan menseting suasana yang menyenangkan. Bagi bunda yang memiliki waktu luang ada baiknya memberi makan sambil jalan-jalan. Bisa juga sambil menunjukkan dongeng atau dongeng.
5. Libatkan Anak-Anak dalam Mempersiapkan Menu Makannya

Anak akan semakin tertarik dengan makanannya ketia mereka dilibatkan dalam menyiapkan makanan. Secara psikologis hal ini akan membuat anak merasa memiliki dan nyaman dengan makanan yang mereka siapkan. Sehingga hal itu mampu memicu nafsu makan mereka.

1. Hindari Memaksa Anak Makan

ketika rasa ingin tahu anak semakin besar biasanya mereka memiliki selara makan tersendiri seberapa banyak yang ingin mereka makan. Sebagai orang bau tanah harus jeli akan hal tersebut , belum dewasa juga memiliki hak dalam menentukan apa yang mereka suka dan orang bau tanah sebaiknya tidak memaksakan kehendak mereka sebab hal ini akan berdampak secara psikologis kalau memaksa.
2. Hindari Memberi Makan Sembari Memutar Acara TV

Biasanya orangtua mau kalem dan tidak ingin repot-repot membangun suasanya yang menyenangkan yaitu dengan memutar siaran TV. Dengan memutar acar TV tersebut mampu berdampak hilangnya minat belum dewasa pada makanan sebab mereka terlalu fokus pada cara kesukaan mereka. Hal ini juga berdampak pada ikatan emosional antara bunda dan buah hatinya.
3. Hindari Memberi Iming-Iming Hadiah Jika Mau Makan

Dengan iming-iming hadiah memang kadangkala mampu memotivasi anak untuk makan. Namun di khawatirkan akan terbentuk mindset bahwa mereka harus mendapat imbalan kalau makan. Maka kalau tidak ada hadiah makan mereka anak tidak tertarik dengan makanan.

Demikian beberapat tips mengatasi anak susah amkan. Semoga mampu memberi gambaran dan ide-ide menarik untuk buah hati bunda. Jika si kecil masih malas makan maka mampu di beri stimulus vitamin namun kalau hal itu berlarut-larut ada baiknya melaksanakan konsultasi ke dokter.