Resep dan Cara Membuat Sushi Enak Dengan Mudah

Hai , Selamat Datang | Sushi merupakan makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama dengan lauk dan sayuran. Biasanya lauk tersebut dapat berupa makanan laut , daging , kerang , telur ikan dan sebagainya.Ciri khas sushi adalah rasanya yang asam dan lembut , sebab dibumbui dengan campuran cuka , garam dan gula. Selain terkenal dengan rasanya , ternyata sushi juga termasuk dalam salah satu makanan sehat yang banyak mengandung protein yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Resep sushi bahwasanya tidak sulit , jadi anda dapat mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

Untuk itu bagi yang suka menyantap sushi dan ingin segera membuatnya di rumah sebagai hidangan spesial untuk keluarga , silahkan simak pembahasan cara membuat sushi dengan mudah dan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di supermarket atau pasar berikut ini :

Baca juga: Cara membuat nugget

Cara Membuat Sushi


Bahan :
- 935 ml atau 3 3/4 cangkir air dingin
- 540 gram beras koshihikari
- 200 gram ikan salmon segar , potong 1 cm
- 125 ml cuka beras
- 6 lembar nori
- 2 sendok makan gula kastor
- 1 buah alpukat , dibelah dua , cincang , kupas , iris tipis-tipis
- 1/2 sendok teh garam

Pelengkap Penyajian :
- Saus kedelai
- Pasta wasabi
- Acar jahe

Cara Membuat :
  • Taruh beras kedalam saringan , kemudian basuh bersih dengan air hambar yang mengalir sampai beras benar-benar bersih. Lalu taruh beras tersebut ke dalam panci besar yang telah berisi air , tutup dan masak beras dengan api besar , didihkan. 
  • Setelah beras agak mendidih , kurangi kecepatan api dan tunggu selama 12 menit atau sampai air benar-benar terserap dengan sempurna. Setelah itu angkat dan sisihkan , kemudian tutup kembali selama 10 menit biar menjadi sedikit dingin.
  • Selanjutnya campurkan cuka , gula dan garam dalam mangkuk kecil , kemudian pindahkan nasi tersebut kedalam mangkuk beling besar. Gunakan pengaduk dari kayu untuk memisahkan gumpalan nasi tersebut , sambil secara bertahap tambahkan campuran cuka diatas , lalu aduk-aduk secara perlahan biar campuran nasi dan cuka tadi menjadi rata.
  • Dan lanjutkan terus mengaduk-aduk dan mengipasi masi selama 15 menit atau sampai nasi menjadi dingin.
  • Setelah itu taruhlah ganjal sushi pada permukaan bersih dengan bilah arah horizontal. Lalu tempatkan lembaran nori diatasnya , episode nori yang mengkilap menghadap ke bawah diatas ganjal tersebut. 
  • Sebaiknya tangan dalam keadaan lembap untuk membentuk nasi di atas lembaran nori , dan sisakan sebesar 3 cm pada tiap sisinya.
  • Kemudian taruhlah ikan salmon dan alpukat pada episode tengan nasi tersebut. Lalu tahan isian di tengah sambil menggulung alas. Ulangi cara diatas sampai semua materi habis.
  • Gunakan pisau tajam  untuk memotong sushi dengan tebal belahan 1 ,5 cm. Kemudian taruh di atas piring dengan kecap , wasabi dan acar jahe.
  • Sushi siap untuk dihidangkan.
Demikan  resep membuat sushi enak dan nikmat kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba membuat sushi semdiri di rumah. Terima kasih.