Resep Donat Kentang Empuk Lezat dan Enak

Hai , Selamat Datang | Cara Membuat Donat Kentang - Siapa yang tidak kenal dengan Donat , kudapan manis berbentuk lingkaran dengan ciri khas lubang di tengahnya. Saat ini donat merupakan makanan yang memimiliki banyak penggemar dari banyak sekali belahan dunia. Rasanya yang empuk dan teksturnya yang sangat memanjakan pengecap membuat setiap orang yang memakannya ketagihan.

Saat ini untuk mampu mengkonsumsi kudapan manis lezat ini tidaklah sulit hanya dengan mengeluarkan beberapa rupiah saja sahabat sudah mampu membeli kudapan manis dengan lobang di tengah ini. Untuk mendapatkanya pun tidak sulit mulai dari donat biasa yang mampu di jumpai di pasar-pasar tradisional sampai donat spesial yang mampu di beli di toko khusus donat biasa di jumpai di mal-mal.

Resep kudapan manis lainya yang patut di coba: Resep Kue Lapis Legit 


Donat sendiri kini ada dalam banyak sekali variasi salah satunya yaitu donat kentang. Nah donat varian materi kentang ini yaitu salah satu donat favorit saya. Maka dari itu kali ini Mocalover blog akan menyebarkan tips resep donat kentang yang empuk dan lezat. Sehingga sahabat mampu mencoba mempraktikannya sendiri di rumah untuk disajikan dikala kalem bersama keluarga.

Bagi sebagian orang mungkin berfikir "mendingan beli saja , gak pake rempong.. :D" dan mereka memilih untuk membeli donat yang sudah jadi sebab tidak ribet dan tidak harus berurusan dengan dapur. Masalahnya bukan pada mampu beli apa tidaknya , akan tetapi bila membuat sendiri tentunya akan menunjukkan kebanggan tersendiri dan juga membuat kita jadi lebih kreatif. So , buat bunda yang ingin kreatif dan membuat donat kentang sendiri simak panduannya di bawah ini.

Resep Donat Kentang


Bahan:
  • 400 gr Terigu Protein tinggi (segitiga biru , bogasari , cakra)
  • 300 gr Kentang direbus kemudian dihaluskan
  • 2 Butir telur 
  • 75 gr Gula pasir
  • 75 gr Mentega/butter
  • 1 ,5 Sendok teh ragi instan
  • 1 sdt Garam
 Cara Mengolah:
  1. Campurkan semua materi menjadi satu , kecuali garam dan mentega. 
  2. Setelah itu uleni adonan sampai semua materi benar-benar tercampur rata.
  3. Kemudian masukan mentega pada adonan sampai adonan elastis dan tambahkan garam , aduk lagi sampai rata.
  4. Pada tahap ini adonan akan sedikit lengket , namun itu tidak masalah.
  5. Kini diamkan adonan selama 1 jam sampai adonan mengembang 2 kali lipat ukurannya.
  6. Setelah itu kempeskan adonan dan uleni lagi.
  7. Kemudian ambil 40-50 gr adonan dan bulat-bulatkan , Jika adonan masih terlalu lengket mampu diakali dengan cara melumuri tangan dengan tepung supaya tidak lengket.
  8. Jika adonan sudah terbentuk diamkan adonan tersebut selama 1 jam lagi. Lalu lobangi adonan dengan meletakkan jadi ditengan adonan.
  9. Panaskan minyak di wajan untuk menggoreng dengan api sedang.
  10. Goreng donat yang sudah di bentuk tadi sampai berubah warna kecoklatan.

Baca juga resep kudapan manis lainnya: Kue Kering Coklat Chip

Resep Donat Kentang Empuk

Tips: Topping

Untuk topping mampu diberi banyak sekali variasi mulai dari coklat yang dicairkan , mentega dan diparuti dengan keju. Meses ceres , dan lain-lain. Selamat berkreatifitas.

Demikian resep cara membuat donat kentang yang rasanya asli mantab. Bunda mampu mencobanya sendiri di rumah untuk disajikan sebagai hidangan keluarga. Bukan itu saja donat kentang ini juga cocok untuk disajikan pada program arisan , lebaran , dan pesta. Selamat mencoba dan semoga berhasil.