Khasiat dibalik warna buah dan sayur


Khasiat dibalik warna buah dan sayur

Sayuran dan buah-buahan yakni makanan yang sangat penting dan sangat diharapkan oleh tubuh kita. Sayuran dan buah-buahan mengandung antioksidan, mineral, dan fitokimia yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, dan sebagai sumber energi.
Buah dan sayuran memiliki warna tertentu yang secara unik bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh dengan caranya sendiri. Semakin banyak variasi warna buah dan sayuran yang Anda makan, maka semakin banyak asupan fitokimia dalam diet harian Anda.
Berikut ini yakni beberapa jenis buah dan sayuran beserta rincian manfaatnya sesuai dengan warnanya :

WARNA HIJAU

1.      DAUN BAYAM
Bayam memiliki aneka macam kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh seseorang. Berbagai nutrisi yang di maksud yaitu sumber vitamin A dan K, mangan, folat, magnesium, serat,, kalsium dan protein serta rendah kalori.
2.      KALE
Kale yakni nama sejenis sayuran, yang mungkin kurang familier ditelinga Kita. Namun kale ini yakni sayuran yang sangat populer dinegara-negara Eropa, Amerika, dan Jepang, dan banyak dikenal sebagai sayuran dengan kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan lengkap. Bahkan banyak hebat gizi disana yang menyebut kale yakni sebagai “Ratunya para Sayuran”
3.      SELADA
Selada memiliki nama latin lactuca sativa dan termasuk ke dalam keluarga Asteraceae.Selada berdaun kaya akan lutein dan beta-karoten. Juga memasok vitamin C dan K, kalsium, serat, folat, dan zat besi.
4.      BROKOLI
Brokoli memiliki nama latinBrassica oleracea L. dan berasal dari keluarga Brassicaceae atau kubis-kubisan. Menurut beberapa literasi, brokoli merupakan sayuran yang berasal dari tempat Laut Tengah dan sudah dibudidayakan semenjak zaman Yunani kuno. Kandungan nutrisi dari brokoli mampu dibilang cukup lengkap. Dalam brokoli terdapat beberapa zat gizi ibarat vitamin A, B, C, K, dan mineral ibarat kalsium juga zat besi. Kandungan serat dan antioksidan dalam brokoli juga sangat bagus untuk kesehatan.
Makanan hijau sangat baik untuk sistem peredaran darah alasannya yakni mengandung mineral dan vitamin B kompleks. Beberapa jenis fitokimia dalam makanan hijau ibarat sulforaphane dan indoles merupakan senyawa anti kanker yang kuat

WARNA MERAH
1.      SEMANGKA
Semangka yang dalam bahasa Inggris disebut watermelon (karena bentuknya ibarat melon namun mengandung lebih banyak air) merupakan tanaman yang berasal dari gurun Afrika Tengah.Buah semangka memang tidak terlalu mahal harganya, namun kandungan nutrisi serta manfaatnya bagi kesehatan tidak mampu dianggap enteng

2.      KUBIS MERAH
Secangkir irisan mentah kubis merah mengandung 22 kalori dan 1 g protein tanpa lemak, 5 g karbohidrat, 1,5 g serat, 2,5 g gula alami dan mengandung lebih dari 90 persen air. Menurut Harvard School of Public Health, makanan yang mengandung kadar air tinggi memiliki tingkat kepadatan energi yang rendah, sehingga merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan.

3.      TOMAT
Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh- Buah tomat mempunyai nama ilmiah Licopersicum Esculentum, dan merupakan buah asli amerika tengah dan amerika selatan.Buah tomat yakni jenis buah yang mempunyai kandungan vitamin yang cukup banyak sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh anda
Makanan berwarna merah mengandung banyak fitokimia yang berguna untuk mengurangi dampak kerusakan tubuh jawaban radikal bebas. Fitokimia yang disebut lycopene merupakan sumber warna yang bermanfaat untuk mencegah duduk perkara prostat, dan mengurangi efek kerusakan kulit jawaban sinar matahari.

WARNA ORANYE

1.      WORTEL
Wortel memiliki banyak kandungan gizi serta nutrisi sangat tinggi bagi kita semua sering kita makan kadang sebagai cemilan, tapi kita tidak tahu akan kandungan didalamnya. Wortel yang biasa disajikan sebagai sayuran juga mampu dibuat minuman juice yang memiliki kandungan vitamin A dan C dan beberapa zat gizi lainnya.

2.      JERUK
Buah yang selalu populer, alasannya yakni buah ini tidak ada musiman. Tidak heran kalau di pasaran Jeruk selalu ada dan selalu dinikmati para konsumen yang membeli.Vitamin C yang tinggi di dalam buah jeruk, memiliki manfaat yang sangat baik.

3.      LABU
Labu merupakan salah satu sayuran yang banyak ditanam dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin untuk kesehatan. Labu memiliki kandungan rendah kalori serta diperkaya dengan kandungan vitamin A, flavonoid poli-fenolik antioksidan ibarat leutin, xanthin, dan karoten. Labu termasuk dalam tumbuhan yang cepat tumbuh dan masuk dalam jenis keluarga Cucurbitaceae. Labu yakni salah satu tanaman yang paling populer dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

4.      MELON
Buah melon (curcumis melo) masih bersaudaran dengan labu, blewah dan buah semangka. Melon termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae.Ternyata selain enak dimakan dan menyegarkan, buah melon juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.
Makanan berwarna oranye memiliki karotenoid yang membantu memperbaiki DNA untuk mencegah kanker. Wortel dan jeruk sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan mata. Makanan berwarna oranye membantu tubuh menerima vitamin A.

WARNA KUNING/HIJAU

1.      KACANG HIJAU
Kacang hijau memiliki nama latin Vigna radiata dan termasuk ke dalam famili Fabaceae. Kacang hijau masih bersaudara dengan kacang panjang, kacang polong dan kacang kedelai.Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Bahkan dikenal sebagai makanannya para tentara semoga kebutuhan nutrisinya terpenuhi, fisiknya berpengaruh dan otaknya cerdas.

2.      ALPUKAT
Buah alpukat memang memiliki sejuta manfaat bagi manusia, dari mulai manfaat kesehatan, manfaat kecantikan dan manfaatnya sebagai makanan. Alpukat sendiri mempunyai nama latin Persea americana dan termasuk dalam keluarga Lauraceae. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah.

3.      JAGUNG KUNING
Tanaman Jagung memiliki nama Latin Zea mays, tanaman merupakan salah satu tanaman yang pangan yang terpenting di Dunia selain Gandum dan juga Padi. Negara yang mengkomsumsi jagung sebagai sumber makanan pokok yakni Amerika Tengah dan Juga Amerika selatan, Kalau kita Indoneisa Rata-rata Nasi yang menjadi Makanan Pokoknya ya.
Kombinasi makanan berwarna hijau dan kuning mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

WARNA ORANYE/KUNING

1.      NANAS
Buah nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) merupakan tanaman buah yang berasal dari Brasil.Selain bermanfaat sebagai makanan, buah nanas juga memiliki kegunaan sebagai obat tradisional. Selain itu, kandungan vitamin ibarat vitamin C dan mineralnya sangat baik untuk kesehatan

2.      PEPAYA
Pepaya mempunyai nama latin Carica papaya dan termasuk dalam famili Caricaceae. Pohon pepaya ini berasal dari tempat Meksiko dan biasa di tanam di pekarangan rumah atau kebun.Meski buah pepaya termasuk buah yang murah dan mudah didapat, namun jangan pernah memandang remeh soal khasiatnya. Sejak dulu, buah pepaya dipercaya menunjukkan banyak manfaat bagi manusia. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan
Makanan berwarna oranye dan kuning mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, makanan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan selaput lendir, jaringan ikat, dan juga mencegah penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mencegah peradangan.

WARNA PUTIH

1.      BAWANG PUTIH
Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa dijadikan bumbu masakan. Bawang putih mengandung lebih dari 100 materi kimia biologis yang bermanfaat. Bawang putih juga memiliki aneka macam anti-bakteri, anti-virus, sifat anti-jamur dan anti-oksidan.

2.      SELEDRI
Daun Seledri atau orang kadang menyebutnya juga dengan Daun Sop ini memiliki nama latin Apium graveolens, Tumbuhan ini biasanya di jadikan sebagai salah satu bumbu makanan atau kuliner tak terkecuali di Indonesia.Selain untuk Masakan ternyata daun seledri juga memiliki manfaat yang beragam untuk Kesehatan tubuh

3.      PEAR
Buah Pir ataukadang di sebut juga dengan buah Pear ini merupakan buah yang masih tergolong pohon dari Genus Pyrus, Beberapa spesies dari Pohon Pir ini ada yang menghasilkan buah yang lezat untuk di Komsumsi alasannya yakni mengandung Banyak Air, Manis dan Juga Masir. Pohon ini di percaya berasal dari Daerah beriklim tropis ibarat Eropa Bagian Barat, Asia dan Juga Afrika Bagian Utara

4.      DAUN BAWANG
Daun bawang yakni jenis sayuran dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam masakan. Penggunaan daun bawang mampu ditemukan misalnya dalam martabak telur, sebagai bab dari sop, atau sebagai bumbu tabur ibarat pada soto.Meski dari segi fisik berbeda, namun daun bawang memiliki khasiat yang sama banyak dan bermanfaat bagi tubuh. Bukan hanya bermanfaat memprcantik dan membuat makanan manjadi lezat dengan rasanya yang segar dan khas, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Makanan yang memiliki kombinasi warna putih hijau mengandung aneka macam fitokimia. Bawang putih dan merah mengandung allicin, anti-virus, anti-bakteri, dan anti-jamur. Masukkan bawang putih dan bawang bombay dalam makanan untuk mengurangi efek buruk dari daging berlemak. Sedangkan seledri berguna untuk kesehatan sendi.

WARNA MERAH/BIRU/UNGU

1.      APEL
Apel yakni jenis buah-buahan yang biasanya berwarna merah, tetapi ada juga apel yang berwarna hijau dan kuning. Kulitnya agak lembek, daging buahnya keras dan memiliki beberapa biji di dalamnya. Selain rasanya enak ternyata buah apel juga memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan anda. Buah apel ini mengandung vitamin C dan kaya akan zat antioksidan. Menurut penelitian,khasiat buah apel ini mampu untuk mampu mengurangi resiko terkena kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker prostat serta serat yang terkandung dalam buah apel ini mampu membendung penyakit jantung, mengontrol berat badan, dan menurunkan kolesterol

2.      BLUEBERRY
Memang belum terlalu banyak orang mengetahui keajaiban khasiat buah mungil ini, namun pada kenyataanya sudah banyak para hebat kesehatan yang meneliti buah bueberry ini dan jadinya kandungan blueberry mempunyai khasiat yang lebih besar dibanding buah buah lainnya. Blueberry ini banyak sekali mengandung nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan antioksidannya juga sangat tinggi. Selain itu blueberry dapat menjaga fungsi otak, dengan serat yang dikandungnya blueberry juga dapat melancarkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

3.      CRANBERRY
Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bab utara Amerika dan Kanada. Buah ini mengandung zat anthocyanin flavonoids, sianidin, peonidin, quercetin, tanin, vitamin A, vitamin C dan E. Semua ini memiliki kegunaan meregenerasi, melembapkan, mencerahkan, sekaligus mengencangkan kulit.
Makanan berwarna gelap ini merupakan sumber antioksidan berpengaruh yang disebut antosianin yang melindungi kita dari penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi dan mencegah pembekuan darah.


Sebenarnya masih banyak buah dan sayuran yang belum kita bahas, Dikesempatan lain akan saya ulas manfaat buah dan sayur yang belum kita bahas tuntas kali ini.

Sumber : http://kaskus.co.id/ dan dari aneka macam sumber

Sumber http://cantikalami-cute.blogspot.com