Sistem Operasi Komputer

Master Seo - Pengertian Sistem Operasi Komputer atau yang sering disebut juga sebagai Operating System/OS adalah perangkat program yang beroperasi dalam pengelolaan sumber daya perangkat keras komputer dan juga berperan dalam menjalankan perintah-perintah terhadap operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak atau software dan berbagai macam aplikasi yang biasanya dipergunakan oleh para pengguna komputer misalnya program pengolah data dan lainnya. Fungsi utama Sistem Operasi Komputer adalah sebagai translasi atau penerjemah dari perintah-perintah yang telah diberikan oleh alat input kekode biner dan akhirnya akan dapat melakukan kumunikasi dengan alat output. Sistem Operasi Komputer juga berfungsi sebagai perantara antara pengguna komputer dengan perangkat keras jaringan komputer sehingga dapat memudahkan dan menyelesaikan permasalahan user.

Sejarah sistem oprasi computer (OS)
Sistem Operasi KomputerSistem operasi generasi pertama terjadi pada tahun 1945 - 1955, pada generasi pertama ini belum ada yang namanya OS. Setelah itu Operating System ke-dua terjadi pada tahun 1955 - 1965. Pada OS kedua ini telah memperkenalkan BPS atau yang disebut jiga sebagai batch processing sistem yaitu pekerjaan yang di kerjakan dalam satu rangkaian, kemudian dieksekusi secara berururan. Pada Sistem operasi generasi ke-tiga yaitu pada tahun 1965 - 1960 OS telah dikembangkan untuk melayani banyak pengguna sekaligus, sehinnga penguna dapat saling berkomunikasi melalui terminal secara online. Pada OS generasi keempat yang terjadi pada sekitar tahun 1980an OS telah banyak mengalami perkembangan dan akhir-akhir ini OS telah banyak dipergunakan untuk jaringan komputer.

Contoh sistem oprasi computer :

  • Microsoft Windows 
  • Linux
  • Mac OS
  • UNIX
Itu tadi sedikit ulasan saya mengenai makalah sistem oprasi komputer dan fungsinya, terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.