Intranet Kemenperin

Masterz Seo - Kemenperin merupakan kepanjangan dari kata Kementerian Perindustrian dan Intranet kemenperin adalah jaringan komputer yang ada di internal Kementerian Perindustrian Indonesia. Salah satu instansi pemerintah itu memanfaatkan jaringan intranet untuk mempermudah dan mempercepat banyaknya komunikasi di dalam organisasinya. Pengertian Intranet sendiri adalah jaringan komputer pribadi yang menggunakan protokol internet untuk dapat berbagi data dan informasi secara aman dalam lingkup satu organisasi atau badan atau sistem operasi jaringan organisasi tersebut. Memang pengertian internet dan intranet hampir sama namun intranet memiliki luang lingkup yang lebih kecil dari pada ruang lingkup internet, jadi intinya tidak semua orang dapat mengakses intranet dan hanya orang tertentu saja atau yang sudah menjadi anggota saja yang dapat mengaksesnya.
intranet kemenperin

Keunggulan dan kelebihan fasilitas Intranet yang tidak terdapat pada jaringan lokal (LAN) konvensional adalah :

  • Tampilan WEB atau grafis, multimedia pada sistem operasi, navigasi, aplikasi maupun databasenya.
  • Fasilitas standar Internet : surat elektronik (E-mail), transfer file (FTP), emulasi terminal jarak jauh (Telnet, Rlogin), pengendalian peralatan network jarak jauh (SMNP)
  • Aplikasi Internet yang sangat banyak seperti search engine gopher, wais dan masih banyak lagi.
  • Script programming universal Common Gateway Interface (CGI), Perl, Visual Basic, C dan Java yang mendukung operasi database.
  • Dukungan integrasi database dan kompatibilitas dengan perangkat lunak komputer yang telah ada seperti dengan Foxpro, SQL maupun Oracle.
  • Teknologi LAN seperti manajemen database, sistem terdistribusi, client server, sharing resource and peripheral tetap dipertahankan.
Itu tadi sedikit ulasan dari saya tentang Intranet Kemenperin, terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.